Ads 468x60px

Selamat Datang


           Selamat Datang di Blog FlipComTech Labs..
           silakan di jelajahi..

Monday, December 30, 2013

12 mitos salah kaprah seputar komputer

1. Screen saver wajib digunakan di semua komputer
dulu, waktu komputer masih menggunakan monitor tabung atau CRT, memang di sarankan menghidupkan Screen saver, di karenakan jika monitor CRT menyala terus menerus, akan membuat pembakaran Fosfor di dalam tabung sia sia, dan membuat monitor cepat usang.. oleh karena itu, dengan ada nya screen saver, maka monitor akan banyak menampilkan gambar blank / hitam untuk menghemat fosfor tersebut (screen saver OS windows jadul kebanyakan menampilkan black screen dengan sediki animasi). tapi setelah Monitor tidak menggunakan CRT lagi, screen saver tidak di perlukan lagi kecuali bagi yang senang melihat animasi full color ketika komputer sedang tidak di gunakan.

2. Defrag HDD PC atau laptop buat performa PC lebih baik?
anggapan ini marak di Operating system Windwos 98 dan XP, karena Defrag Hdd sendiri ini memang memampatkan data yang berserak di harddisk. dengan di defrag, data yang ter serak di kumpulkan dan di dekatkan, maka waktu yang di butuhkan untuk mengakses data pun lebih cepat di bandingkan sebelum di defrag. mengapa data di dalam harddisk bisa terserak tidak beraturan? karena harddisk ini sendiri berbentuk cakram magnetik yang pada saat proses penulisan data, data akan tercetak dengan cara magnetized searah perputaran cakram dan head berada. defrag ini tidak akan berasa ketika hdd yang ente punya kurang dari 20Gb.

3. Magnet dapat hapus data di dalam HDD?
menyambung dari proses penulisan data HDD di atas yang di lakukan dengan magnetized, Magnet memang bisa menghapus data jika di dekatkan ke Portable storage JIKA magnet yang sangat kuat yang di gunakan. jadi jika magnet nya lemah hanya akan membuat data corrupt saja, tidak sampai menghapus data

4. Shift+Delete dapat menghapus tanpa sisa data yang diingikan?
mitos ini sangat salah kaprah. karena tiap data yang kita delete, tidak langsung terhapus, melainkan hanya header nya saja yang di hapus. menghapus dengan Shift + Del tidak langsung membuat data hilang permanen. tapi hanya mempersingkat proses penghapusan. jika kita hanya menekan tombol delete, maka data akan masuk ke recycle bin, tetapi jika kita memencet shift + del, data tidak akan mampir ke recycle bin. dan data yang di hapus dengan Shft + del pun masih bisa di recovery dengan software recovery data. data akan benar2 terhapus jika kita melakukan low level format atau membiarkan data yang lama di timpa dengan data yang baru (re-write) tetapi kita tidak akan tau sector dan block data mana yang kita re-write untuk menghapus data lama kita. low level format ini bisa menggunakan software DBAN.

5. Menggunakan Firewall dan anti-virus dapat lindungi PC secara penuh?
simple, sebanyak apapun firewall dan anti virus yang ente pasang, akan percuma jika tiap memasukkan storage device ente tidak scan tu storage device. menyambung dengan IT Tips yang pernah ane buat dulu, ANTI Virus tidak di pasang pun tidak apa apa, yang penting User nya Aware dan bertindak safety dalam ber komputer. mungkin yang di perlukan adalah software Internet Security saja, bukan software antivirus.

6. Membiarkan laptop dalam keadaan charging berbahaya?
mitos ini hanya berlaku jika ente punya laptop yang masih menggunakan batre berbahan nikel (klo overcharge tu batre bisa hamil). laptop dan HP jaman sekarang batre nya sudah berbahan Lithium semua, jadi jika OverCharge tidak akan apa2. ane sendiri tiap hari ni laptop di charge terus, dan sudah terbukti laptop dari tahun 2010 sampe sekarang batre nya masih awet di pake 3 jam tanpa di charge. so, knp mesti takut hamil batre ente?
7. Sering instal ulang komputer atau laptop berbahaya

ini mitos yang sangat keterlaluan buat yg percaya  komputer tidak akan rusak dengan install ulang saja. yang bikin rusak itu jika klo saat install ulang trus mati listrik.. yang bakal rusak kebanyakan adalah Harddisk, karena pada saat install ulang, Operating system di tulis di Awal sector dan jika tu harddisk yang lagi nulis di awal sektor dengan kecepatan tinggi tiba tiba berhenti karena listrik mati, maka jarum head harddisk yang sedang menulis bisa merusak cakram harddisk. jadi komputer rusaknya bukan karena install ulang 

8. Software terbaik itu yang berbayar?
hmm.. dulu waktu jaman belum open source, mungkin mitos ini benar tapi di jaman sekarang serba open source, applikasi gratisan pun banyak yang bagus, paling ada sedikit iklan dari si pembuat nya (resiko pake gratisan). jadi, jangan takut klo pake software gratisan pun (asal jangan install software yang adaad-aware, mallware dan spam nya aja) 

9. Komputer lebih aman jika gunakan anti-virus lebih dari satu?
ini juga mitos yang bodoh. antivirus gk akan berguna klo user nya gk hati hati dan berprilaku aman dalam menggunakan komputer nya. contoh, ada flashdisk terinfeksi virus, tapi ente pas masukin flashdisk tu flashdisk gk di scan (meskipun kadang ada yang auto shield protection, tapi kadang virus menyamar dan memperbaruhi cara cara infeksi yang tidak di ketahui antivirus yang tidak di apdet). jadi, antivirus cukup 1 yang terupdate dan tetap lah berprilaku aman.

10. Layar monitor buat mata menjadi minus?
mungkin mitos ini terasa betul jika ente masih menggunakan layar Monitor CRT. karena monitor LCD dan LED sudah nyaman untuk mata dan tingkat radiasi nya pun kecil. tapi tetap, kalau liat monitor jangan di tempat gelap (merusak pencahayaan kornea mata yang ujung ujung nya jadi sakit Silinder)

11. Komputer wajib dilengkapi dengan software optimalisasi RAM?
RAM pada komputer ada dua jenis, yaitu Unbuffer dan buffer. untuk PC, Laptop dan Komputer public, RAM nya bertipe buffer yaitu, perintah dan data di simpan terlebih dahulu sebelum di proses oleh prosesor. RAM tipe unbuffer banyak di gunakan di Server server dengan tujuan tertentu. komputer lemot karena ram nya penuh? coba cek program apa saja yang berjalan dengan atau tanpa ente ketahui. jika memang memerlukan RAM yang besar, knp tidak di apgret saja? atau jumlah program yang berjalan di kurangi.

12. Refresh desktop bisa percepat kinerja komputer?
ini mitos yang santer di windows 98 dan xp  sebenarnya refresh desktop tidak akan membuat komputer lebih cepat beroperasi, refresh desktop memang hanya membuat tampilan desktop ente refresh (jika ada perubahan - penambahan dan penguranan icon di desktop ente) 

sekian dulu
semoga bermanpaat

salam

0 comments:

Post a Comment

Silakan di komentari..