Ads 468x60px

Selamat Datang


           Selamat Datang di Blog FlipComTech Labs..
           silakan di jelajahi..

Wednesday, January 1, 2014

Upgrade LG E400 dari Android Ginger Bread 2.3 ke ICS 4.0

Beberapa waktu yang lalu, ada seorang kenalan yang ingin smartphone LG E400 nya di upgrade ke ICS agar bisa memakai aplikasi BBM, karena BB nya yang dia miliki sudah memiliki tanda tanda akan segera rusak.



LG E400 ini memiliki spek sbb :
Layar 3.2 Inch
Ram 384Mb
Rom internal 1Gb
Procie 800Mhz Single Core
OS Gingerbread 2.3.6

untuk melihatspek lebih lengkap lagi, silakan klik disini.

note : perlu di ingat, LG E400 ini officially (resminya) tidak ada upgrade ke OS ICS karena LG nya tidak mengeluarkan ROM untuk ICS. Oleh karena itu, di proses ini kita memakai Custom Rom yang sudah di buat oleh XDA Developer.

Oke, sekarang kita mulai menyiapkan perlengkapannya dan apa yang harus di lakukan sebelumnya
  1. Sangat di sarankan untuk membackup semua data yang ada di internal memory phone seperti, Contact, data di media (foto, lagu dan video), karena dengan mengupgrade OS nya berarti akan me wipe / menghapus bersih memory di internal. otomatis semua program dan aplikasi yang sudah diinstall akan ikut terhapus.
  2. Pastikan handset memiliki batre sekitar 60% sebelum melakukan proses upgrade OS ini
  3. Smartphone sudah harus di root terlebih dahulu - silakan klik disini untuk melihat cara rooting LG E400 ini.
  4. Setelah handset selesai di root, maka berikutnya menginstall aplikasi CWM (Clock Work Mode) recovery sebagai aplikasi interface untuk men-load custom rom yang akan di install di LG E400 ini
  5. Setelah selesai melakukan installasi CWM, silakan download Custom Rom nya disini.
  6. Sebelum menghubungkan handset dengan PC untuk transfer data, ada baiknya kita install driver dan software PC Suite nya untuk melengkapi driver USB agar perangkat di kenali oleh windows. Untuk usb drivernya bisa didownload disini. Untuk software PC suite nya, bisa di download disini. Pastikan download drivernya terlebih dahulu, lalu download software PC Suite nya dan lakukan installasi secara berurutan dari drivernya lalu ke softwarenya.
  7. Setelah driver usb dan software PC suite untuk LG E400 ini di install, silakan sambungkan smartphone LG E400 ini dengan PC (desktop / Laptop) melalui kabel data. Setelah tersambung, silakan Copy Custom Rom yang tadi didownload kedalam Memory Eksternal SD Cardnya. Ingat, di copy nya ke Eksternal memory nya jangan ke internal memory nya.
  8. Setelah di copy, lalu restart handsetnya dan masuk ke mode Recovery dengan menekan tombol power + tombol volume kebawah (mengecilkan volume) dan tombol menu secara bersamaan dan jangan di lepas sampai mode recovery nya muncul di layar Smartphone tersebut.
  9. Recovery Mode ini sebenarnya sebuah Aplikasi seperti BIOS yang di gunakan untuk configurasi OS. Perlu diingat, dalam Recovery Mode ini touch screen tidak aktif.                                                        
                                                                      Jadi untuk menggerakan menu di dalam Recovery Mode ini bisa menggunakan Volume Up dan volume down untuk mengarahkan kursor ke atas dan kebawah. Sedangkan untuk tombol seleksi nya menggunakan tombol power untuk mengaktifkan menu yang dipilih.                                                                                                                                               
  10. Pilih "Wipe data / factory reset", kemudian pilih "wipe cache partition" dan pilih "wipe dalvik cache" yang ada di menu "advance"
  11. Setelah melakukan penghapusan ROM Original dengan cara pada point 10 diatas, pilih "apply update from sdcard" untuk melakukan installasi Custome Rom. Silakan brows / cari file Custom Rom yang tadi di tempatkan di SD Card sebelumnya.
  12. Biarkan proses installasi berlangsung dan jangan lakukan apapun seperti mencabut baterai dan mematikan paksa Handset. Setelah selesai proses installasi yang di tandai dengan tulisan "done" di layar handset, maka pilih "go back" dan pilih "reboot system now" untuk merestart handset.
  13. Biarkan handset menyala dan menampilkan logo cyanogen dan biarkan proses  tersebut sampai selesai dan layar sudah kembali lagi ke homescreen
Perhatikan di layar info handphone di bagian OS Version, jika sudah tertulis version 4.04 berarti handset LG E400 nya sudah memakai OS Android Versi ICS (Ice Cream Sandwich)

selamat..

Q : tapi.. sepertinya ada masalah...!!! kenapa tidak ada aplikasi Google Play storenya? lalu bagaimana caranya agar saya bisa mendownload aplikasi ke dalam handset saya ini?
A : yup.. ternyata oh ternyata, Google Play Store nya kenapa tidak adaaaaa?
tenang! jangan panik, Google Play Store memang di hapus oleh Cyanogen untuk semua versi CM Custom Rom karena ada illegal license dari google, yaitu tidak boleh memasukkan aplikasi Google Play Store kedalam ROM non Officially dari google.
Q : jadi percuma donk saya upgrade OS untuk LG E400 saya ini?
A : saya bilang tenang.. kita masih bisa menginstall Google Play storenya secara terpisah kok..
Q : caranya?
A : silakan klik link ini untuk mendownload apk Google Play Store dan tempatkan di SD Card lagi sama seperti menempatkan Custom Rom Sebelumnya. Lalu lakukan lagi langkah 8 di atas untuk masuk ke revovery mode lagi dan lakukan langkah 11 di atas untuk "apply update from SD card" tetapi kali ini, browse file APK google play store tadi yang di download. Setelah itu Restart dan tunggu sampai muncul homesreen.

lihat di list application, dan voilla!! google play store sudah muncul..

selamat mencoba :D

salam

11 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Saya punya kenapa g bisa pasang market nya gan. Berulang2 Kali tetep aja apk gogle play store nya g ada. Copy lagi masuk lgi ke recovery mode tetep g ada tu apk nya. Mohon bantuan nya gan. Pleece :)

    ReplyDelete
  3. apk google play ga muncul di sd card waktu sy recovery mode, padahal ud sy move ke sd card. untuk info sd cardnya ud sy partisi, tlg dibantu dunk gan. trims

    ReplyDelete
  4. Ubah apk google play nya menjadi zip jangan rar.. pasti bkalan muncul di SD CARD .

    ReplyDelete
  5. Gan bgmna caranya mengembalikan ke stock rom bawaan ginger ya? Thanks sblmnya

    ReplyDelete
  6. Nih gan jangan lupa mampir di blog saya
    Modifikasi LG E400
    linknya : fijaraprilio.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. kalau lg e405 gmn gan androidx masih 2.3.6

    ReplyDelete
  8. Perasaan kalau instal custom rom dimana mana pake yg instal zip from sdcard kok disini pake apply update from sdcard..keknya salah tulis ya bos

    ReplyDelete
  9. cara back-up Rom Aslinya gmna ya gan???
    .takut.x bootloop biar bisa di kembalikan lagi

    ReplyDelete

Silakan di komentari..